Bab 2 Analisis Laporan Keuangan

2-14. Jelaskan bukti empiris yang memperlihatkan bahwa informasi akuntansi keuangan relevan untuk pengambilan keputusan.
2-55. Apakah prosedur auditing? Apakah tujuan dasar audit laporan keuangan.

Jawaban :

2-14. Informasi akuntansi keuangan relevan untuk pengambilan keputusan. Yang merupakan jaringan penghubung yang sistematis dalam penyajian informasi yang berguna dan dapat digunakan untuk membantu mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Relevan berarti berhubungan dengan sesuatu. Informsi akuntansi keuangan relevan dengan pengambilan keputusan kerena berhubungan dengan pemilihan alternatif masa yang akan datang. Dan untuk dapat melakukan pemilihan dan pengambilan keputusan harus dapat membedakan diantara alternatif yang tersedia, maka informasi yang relevan adalah informasi yang akan datang berbeda untuk alternatifyang akan dipilih. Sehingga kita dapat mengevaluasi kelebihan dan kelemahan akuntansi dan relevansinya terhadap analisis yang efektif serta pengambilan keputusan.
2-55.
  1. Dalam pelaksanaan audit, auditor harus melakukan pengumpulan bukti. Urutan tangkah yang ditempuh oleh auditor dalam rangka memperoleh bukti disebut prosedur audit. Jadi, prosedur audit akan memberikan petunjuk atau perintah kepada tim audit mengenai apa yang harus dilaksanakan dalam rangka mencapai tujuan audit. Prosedur audit memberikan perintah secara rinci kepada tim audit mengenai apa yang harus dilakukan dalam rangka pelaksanaan audit. Setiap prosedur audit berisi cara yang harus dilakukan untuk memperoleh bukti audit. Cara untuk memperoleh bukti audit tersebut disebut teknik audit.
  2. Tujuan utama audit laporan keuangan adalah untuk mengidentifikasi kesalahan dan penyimpangan yang jika tidak terdeteksi akan memberikan dampak material pada kewajaran penyajian dan kesesuaian laporan keuangan dengan GAAP. Agar fisibel dan dapat dibenarkan secara ekonomis, proses audit bertujuan untuk mencapai tingkat kepastian yang wajar atas data yang telah di telaah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: